Sabtu, 06 November 2010

ZIKIR-ZIKIR

SURAT DAN AYAT AL-QUR'AN YANG UTAMA

Al-Qur'an sebagai mukjizat Nabi Muhammad yang paling besar diantara mukjizat-mukjizat lainnya, Al-Qur'an sebagai pedoman hidup bagi manusia didunia sampai hari kiamat. Manusia tidak akan sesat bila hidupnya berpegang teguh pada Al-Qur'an dan Sunah dan siapa yang tidak mengikuti petunjuk Al-Qur'an dan Sunah maka akan sesat selama-lamanya.Sabda Nabi : " Aku tinggalkan pada kamu dua perkara. Jika kamu berpegang teguh pada keduanya niscaya kamu tidak akan sesat selama-lamanya yaitu kitab Alloh ( Al-Qur'an ) dan Sunah Rasul " ( HR.Abu Daud).

Semua yang ada dalam Al-Qur'an mempunyai kelebihan dan keutamaan yang sangat banyak tanpa batas, karena Al-Qur'an adalah kalam Alloh yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai mukjizat yang besar dan kitab untuk semua makhluk dan merupakan penyempurnaan dari kitab-kitab sebelumnya. Alloh tidak membedakan tentang kelebihan dan keutamaan setiap surat atau ayat dalam Al-Qur'an. " Tiadalah kami alpakan (diskriminasikan) sesuatupun didalam Al Kitab ( Al-Qur'an ) " ( Al An'aam : 38 ). Hanya manusia yang belum mengkajinya secara mendalam. Tetapi ada beberapa surat dan ayat yang mempunyai keutamaan tertentu berdasarkan petunjuk dari Nabi.

Diriwayatkan dari A'isyah bahwa Nabi saw masuk kepadanya, ketika itu ada seorang wanita yang sedang diobati dan dibacakan Ruqyah, lalu Nabi saw bersabda kepadanya : " Obatilah dengan kitab Alloh ( Al-Qur'an ) " ( HR.Muslim ). Jika kita perhatikan Hadits ini niscaya kita akan dapati bahwa Nabi saw menyebut secara umum dan tidak menyebut ayat-ayat tertentu atau surat-surat tertentu. Dengan demikian jelas bahwa Al-Qur'an seluruhnya adalah obat dari penyakit fisik, mental dan spiritual. Hanya orang-orang Khawas yang dapat mengetahui rahasia-rahasia Alloh yang terdapat di dalam Al-Qur'an. " Alloh menganugerahkan al Hikmah ( Kepahaman tentang Al-Qur'an dan sunah ) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa yang dianugerahkan al Hikmah itu, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak " ( Al Baqarah : 269 ).

*

Al Mu'awwidzat (Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas)

Al Mu'awwidzat adalah tiga surat yang diawali dengan lafadz " Qul A'uudzu " yang artinya "katakanlah aku berlindung " yaitu tiga surat untuk perlindungan dari gangguan syetan dan kejahatan jin dan manusia.

*

a. Al Ikhlas.

Al Ikhlas artinya kemurnian ke esaan Alloh, karena surat ini sepenuhnya menegaskan kemurnian ke esaan Alloh dan menolak segala macam kemusyrikan dan menerangkan bahwa tidak ada sesuatu yang manyamainya. Surat ini terdiri atas 4 ayat, termasuk golongan surat-surat Makiyyah ( surat yang diturunkan di Mekah ), diturunkan sesudah surat Annas.

" Qul Huwallohu ahad Allohush-shomad adalah 1/ 3 Al-Qur'an " ( HR.Bukhari ). "Siapa yang membaca QulHuwallohu Ahad 10 kali sesudah shalat shubuh maka tidak ada dosa padanya dan terhindar dari gangguan syetan " ( HR.Muslim ).

*

b. Al Falaq
Kata Al Falaq terdapat pada ayat pertama dalam surat ini yang artinya waktu shubuh. Surat ini terdiri atas 5 ayat, termasuk golongan surat-surat Makiyyah ( surat yang diturunkan di Mekah ), diturunkan sesudah surat Al Fiil. Pokok-pokok isinya adalah perintah agar kita berlindung kepada Alloh dari segala macam kejahatan.

Kata An Naas berulang kali disebut dalam surat ini artinya manusia, karena dalam surat ini manusia diperintahkan agar berlindung kepada Alloh dari segala macam kejahatan manusia dan jin yang datang ke dalam jiwa manusia. Surat ini terdiri atas 6 ayat, termasuk juga golongan surat-surat Makiyyah, diturunkan sesudah surat Al Falaq.

Riwayat Abu Said Al Khudri berkata : " Semula Rasululloh berlindung dari ganggguan jin dan mata manusia ( sihir ) dengan doa, tetapi setelah diturunkan kepada beliau surat Al Falaq dan An naas, maka beliau memakai keduanya dan meninggalkan bacaan lainnya " ( HR.Attirmidzi ). " Diceritakan dari A'isyah: Apabila Nabi terasa sakit maka beliau membaca sendiri Al Mu'awwidzat ( An Naas dan Al Falaq ) kemudian ditiupkan pada tubuhnya " ( HR.Bukhari ).

*

Al Waqi'ah ayat 1-7

Dinamai Al Waqi'ah karena terdapat pada ayat pertama dalam surat ini yang artinya Hari Kiamat. Surat ini terdiri atas 96 ayat, termasuk golongan surat-surat Makiyyah ( surat yang diturunkan di Mekah ) dan diturunkan setelah surat Thaahaa. Pokok-pokok isinya adalah tentang huru-hara di waktu terjadinya hari Kiamat ; Manusia di waktu berhisab terbagi atas tiga golongan, yaitu golongan yang segera mendapatkan kebaikan, golongan kanan dan golongan kiri yang celaka ; Al-Qur'an berasal dari Lauhil Mahfudz dan gambaran tentang syurga dan neraka. " Siapa yang membaca surat Al Waqi'ah pada tiap malam niscaya tidak akan terkena kemiskinan selamanya " (HR.Baihaqi ). " Ajarilah wanita-wanita kamu surat Al Waqi'ah karena sesungguhnya ia adalah surat untuk kecerdasan " ( HR.Ibnu Adiy ).

*

Ayat Kursi (Al Baqarah: 255)

Ayat kursi yaitu satu ayat yang terdapat didalam surat Al Baqarah ayat 225, merupakan satu ayat yang mempunyai keutamaan tertentu dari ayat-ayat yang lainya berdasarkan petunjuk dari Rasululloh. Dalam satu Riwayat dikatakan : Kursi adalah "tempat" Alloh pada singgasana yang maha agung yang terbuat dari Zamrud berwarna hijau yang mempunyai empat tiang. Tiap-tiap tiang dipikul oleh beberapa Malaikat dan jarak antara satu tiang dengan tiang lainya seluas langit dan bumi, sebagaimana Firman Alloh : " Kursi Alloh meliputi langit dan bumi ".

Diantara keutamaan surat Al Baqarah yang terdapat didalamnya ayat kursi antara lain berdasarkan Hadits Nabi saw dan pentunjuk para ahli Hikmah adalah : "Ayat yang paling besar dalam kitab Alloh adalah ayat kursi " ( HR.Ibnu Mardawaih ). "Apabila seorag dari umatku membca ayat kursi 12 x kemudian ia berwudhu dan shalat shubuh, maka Alloh akan menjaganya dari kejahatan syetan " ( Al Hadits ). " Sesungguhnya syetan keluar dari rumah seseorang bila mendengar surat AlBaqarah yang sedang dibacakan " ( HR.Abu Ubaid ). " Paling utama Al-Qur'an adalah surat Al Baqarah dan paling utama ayat dalam surat ini adalah ayat Kursi ( HR.AlHarits bin Abi Usamah ). Diriwayatkan dari beberapa ulama ahli Hikmah : Bila kamu hendak tidur maka berlindunglah dari syetan dengan membaca ayat kursi 3 x dan jika sampai lafadz " WALAA YAUDUHU HIFDZUHUMAA WAHUWAL 'ALIY-YUL 'ADZIIM " diulang 3 x, kemudian kamu tidur Insya Alloh aman dari gangguan syetan dan dari sesuatu yang tidak diingikan.

*

Ath Thalaq ayat 2 dan 3

Ath Thalaq artinya Talak, karena kebanyakan ayat-ayat ini mengenai masalah talak dan yang berhubungan dengannya. Surat ini terdiri atas 12 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyyah ( Surat yang diturunkan di Madinah ), diturunkan sesudah surat Al Insan.

Dalam surat ini diakhir ayat 2 dan diawal ayat 3, Alloh menjamin orang-orang yang Taqwa tidak akan mengalami kesulitan di dunia dan diakhirat dan Alloh menjamin rizki mereka di dunia dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Kaum spiritual menjadikan dua ayat ini sebagai zikiran / wirid untuk memohon rizki dari Alloh disamping doa-doa yang lain dan ikhtiar yang tekun.

*

Al Isra ayat 80

Al Israa artinya Perjalanan di malam hari, dicantumkan pada ayat pertama dalam surat ini penuturan cerita tentang Israa Nabi Muhammad saw di Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsha di Baitul Maqdis.Surat ini terdiri atas 111 ayat, termasuk golongan surat-surat Makiyyah ( Surat yang diturunkan di Mekah ).

Dalam surat ini ayat 80 mengisyaratkan kepada Nabi Muhammad supaya berhijrah dari Mekah ke Madinah dan memohon kepada Alloh supaya kita memasuki suatu ibadah dan selesai daripadanya dengan niat yang baik dan penuh keikhlasan agar mendapat pahala dan memohon pertolongan kepada Alloh dari segala godaan manusia dan syetan.

Ayat 80 ini dapat juga dijadikan doa untuk memohon kepada Alloh agar dibersihkan diri dan hati kita dari sifat-sifat buruk kemudian diisi diri dan hati kita dengan sifat-sifat baik sehingga kita dapat menghadap Alloh dengan jiwa dan hati yang bersih.

*

An Najm ayat 26 LIHAT HALAMAN BERIKUTNYA ( Hal-2 ) Sound >>>

An Najm artinya Bintang karena pada ayat pertama surat ini, Alloh bersumpah dengan " An Najm " artinya bintang karena bintang-bintang yang timbul dan tenggelam, amat besar manfaatnya bagi manusia sebagai pedoman dalam melakukan pelayaran di lautan, untuk menentukan perjalanan musim dan sebagainya. Surat ini terdiri atas 62 ayat, termasuk golongan surat-surat Makiyyah ( surat yang diturunkan di Mekah ), diturunkan sesudah surat Al Ikhlas.

Diantara pokok isinya adalah Nabi Muhammad saw melihat malaikat Jibril 2 kali dalam bentuk aslinya, yaitu sekali waktu menerima wahyu pertama dan sekali lagi di Sidratul Muntaha pada waktu Isra Mi'raj. Alloh melarang umat islam untuk meminta syafaat kepada Malikat seperti perbuatan kaum Musyrikin. Malaikat hanyalah hamba Alloh yang sangat taat dan tidak dapat memberi syafaat kepada siapapun kecuali atas izin Alloh hanya Alloh-lah tempat manusia bergantung.

*

Doa Sapu Jagat ( Al Baqarah: 201 )

Asal mulanya doa ini dibaca oleh para Jamaah haji yang mendapat kemulian pada zaman Nabi Ibrahim As sampai sekarang digunakan oleh umat Nabi Muhammad saw sebagai doa untuk jamaah haji dan untuk mencapai kebahagiaan didunia dan di akhirat kelak.

Istilah doa sapu jagat, karena dalam doa ini sudah mencakup kebaikan dunia dan akhirat sebagai tujuan hidup bagi semua manusia. Kebaikan dunia adalah iman dan taqwa dan kebaikan akhirat ialah mendapat Ridho Alloh dan masuk syurga.

*

Al Bayyinah ayat 1-8

Al Bayyinah artinya Bukti yang nyata, surat ini terdiri atas 8 ayat termasuk golongan surat-surat Madaniyah ( Surat yang diturunkan di Madinah ) dan diturunkan sesudah surat Ath Thalaq. Pokok-pokok isinya adalah pernyataan dari ahli kitab dan orang-orang musyrik bahwa mereka tetap dalam agamanya.

Alloh telah mengutuk orang-orang Musyrik dan menyesatkannya, karena mereka mengikuti langkah-langkah syetan untuk berbuat syirik kepada Alloh. Jadi kelebihan surat Al Bayyinah ini untuk membersihkan diri dari sisi gelap yang biasa dilakukan oleh syetan yang mempengaruhi manusia berbuat syirik dan maksiat. " Tunjukilah kami jalan yang lurus, ( yaitu ) jalan orang-orang yang telah engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan ( jalan ) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan ) mereka yang sesat " ( Al Fatihah : 6-7 ).

*

An Nur ayat 35

An Nur artinya Cahaya, karena dalam surat ini ayat 35 Alloh menjelaskan tentang Cahaya diatas Cahaya ya'ni Al-Qur'an yang mengandung petunjuk-petunjuk yang benar untuk manusia dan lainya. Surat ini terdiri atas 64 ayat dan termasuk golongan surat-surat Madaniyyah ( surat yang diturunkan di Madinah ).

Yaa Nur dalam versi Tasauf adalah salah satu Asma Alloh dari Asmaul Husna yang ada pada zat Alloh untuk memberi cahaya kepada alam semesta termasuk manusia. Nur Allah ada dua bagian yaitu Nur Allah secara Hakiki dan Nur Allah secara Majazi. Nur Allah secara Hakiki yaitulah Asma Alloh yang ada pada zat dan Nur Allah secara Majazi adalah Nur alam semesta.

*

YaaSiin ayat 48

Dinamakan surat "Yaa Siin" karena dimulai dengan huruf "Yaa Siin". Sebagaimana halnya arti huruf-huruf abjad terletak pada permulaan beberapa surat Al-Qur'an, maka demikian pula arti "Yaa Siin" hanya Alloh yang mengetahui maksudnya. Surat ini terdiri atas 83 ayat, termasuk golongan surat-surat Makiyyah ( Surat yang diturunkan di Mekah ), diturunkan sesudah surat al Jin.

Menurut ilmu Hikmah surat Yaa Siin ayat 48 mengandung kelebihan yang banyak. Bila dibaca berulang-ulang maka akan mendapat rizki yang tidak terduga dan terlindung dari gangguan jin dan manusia yang zhalim.

Yaa Siin ayat 82, menunjukkan bahwa Alloh Maha Kuasa dan Maha Berkehendak atas segala sesuatu. Bila DIA menghendaki sesuatu maka cukup dengan berfirman : "Jadilah! maka jadilah ia". Bila dipahami dari kata " Kun Fayakuun " maka sesuatu itu terjadi atas kehendak Alloh secara berproses, karena kata " Fayakuun " menggunakan huruf Fa dan Fi'il Mudhari' yang berarti akan terjadi sesuatu itu sesuai waktu yang ditentukan oleh Alloh.

Pada prinsipnya kata " Kun Fayakuun " adalah hak Pererogratif Alloh sedangkan manusia menggunakan kata " Insya Alloh ", seperti Firman Alloh : " Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan terhadap sesuatu : " Sesungguhnya aku akan mengerjakan itu besok pagi, kecuali (dengan menyebut) " Insya Alloh " ( Al Kahfi : 23-24 ) . Tetapi bila manusia sudah sangat dekat dengan Alloh maka kehendaknya adalah kehendak Alloh. Dalam Hadits Nabi saw Melarang berdoa dengan menggunakan kata " In Syi'ta " artinya jika engkau kehendaki doa ini terkabul. Sabda Nabi saw : " Janganlah berdoa salah seorang kamu ( seperti ini ) : " Ya, Alloh ampunilah aku jika engkau kehendaki. Ya, Alloh sayangilah aku jika engkau kehendaki. Hendaklah engkau yakinkan permintaanmu. Sesungguhnya keyakinan (dalam berdoa) dicintai oleh Alloh " ( HR. Bukhari dan Muslim ).

Surat Yaa Siin Fadhilahnya lebih banyak mengenai ampunan untuk mayit dan orang yang masih hidup, maka surat Yaa Siin lebih banyak dibaca untuk dihadiahkan pahalanya kepada mayit ( Jenazah ). " Bacalah surat Yaa Siin untuk orang yang sudah mati ( mayit, jenazah ) " ( Hadits dari Mu'aqol bin Yasar ). " Tidaklah mayit yang dibacakan surat Yaa Siin, kecuali Alloh ringankan siksa untuknya " ( Hadits dari Ummi Darda ). " Tiap-tiap sesuatu ada jantungnya dan jantung Al-Qur'an adalah surat Yaa Siin. Siapa yang membacanya karena Alloh maka diampuni dosanya " ( Hadits dari Ibnu Abbas ). " Siapa yang masuk ke Makam lalu ia membaca surat Yaa Siin untuk mayit ( jenazah ) maka saat itu juga Alloh ringankan azab kubur untuknya berdasarkan bilangan pahalanya " ( Hadits dari Anas bin Malik ).

*

Shaad ayat 35

Dinamakan " Shaad " karena surat ini dimulai dengan " Shaad ", arti dan maksudnya hanya Alloh yang mengetahui. Surat ini terdiri atas 88 ayat termasuk golongan surat-surat Makiyyah ( surat yang diturunkan di Mekah ), diturunkan sesudah surat Al Qamar. Pokk-pokok isinya tentang dalil-dalil kenabian Muhammad saw dan menunjukkan Al Qur'an itu suatu kitab yang agung dan siapa saja yang mengikutinya akan mendapat kebahagian dunia dan akhirat. Ada juga kisah Nabi Daud, Nabi Sulaiman dan Nabi Ayyub.

Shaad ayat 35 adalah doa Nabi Sulaiman ketika mendapat cobaan sakit dari Alloh seluruh tubuhnya lemas sehingga tidak dapat memimpin kerajaan, akibatnya berantakanlah kerajaan Sulaiman sehingga orang lain duduk singgasananya. Setelah membaca doa ini Alloh kembalikan kesehatannya dan memimpin kembali kerajaan yang sangat besar ini.

Bersambung........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Add This

Share |