Minggu, 10 Juli 2011

Layanan Pengobatan Khusus Diabetes dan Stroke


KLINIK  ASY-SYARIF
Pengobatan Pak Syarif
Layanan Pengobatan Khusus Diabetes dan Stroke
Alamat Praktek :
1.       Jl.Ciputat Raya, Jl.H.Goden ujung Rt.08/011 no.23B Pondok Pinang Keb.lama Jakarta selatan
Tlp. 021-98521896 / 021-93074811
KLINIK ASY-SYIFA SYARIF
2.       Jl. Anggrek No.3b, Rt.07/01 Cilandak Tengah, Jakarta selatan / belakang citos fatmawati
Tlp. 021-93074811 / 0896 37058277
Diabetes mellitus atau kencing manis adalah penyakit yang bersifat sistematik  sehingga dapat melibatkan berbagai system tubuh dan dapat merusak jaringan tubuh seperti : kerusakan pada retina (mata),ginjal, jantung dan komplikasi lainnya.

Faktor Penyebab Diabetes Melitus
·         Gangguan metabolism, dimana tubuh tidak dapat memanfaatkan glukosa / gula darah untuk diubah menjadi energy / tenaga
·         Gangguan / tidak berfungsinya hormone insulin dalam tubuh sehingga terjadi penumpukan kadar gula dalam darah / glukosa
·         Gangguan / kerusakan pada system pancreas yang menyebabkan terganggunya produksi insulin.
·         Faktor genetika, menurunnya kualitas /mutu dan kuantitas produksi hormon insulin serta obesitas / kegemukan ( mayoritas penderita diabetes umumnya mengalami kelebihan berat badan )
Gejala Diabetes Melitus
·         Kadar glukosa / gula darah diatas normal ( Hypergliemia )
·         Rasa lapar berlebihan dan terus menerus ( Polypagia ), sehingga banyak makan, namun badan tetap lemas ( tidak bertenaga ) dan sering diikuti penurunan berat badan yang cepat.
·         Sering merasa haus sehingga banyak minum ( Polydipsea )
·         Sering kencing-kencing berlebihan ( Polyuria )
·         Urin berbuih dan mengandung gula ( glukosuria )
·         Jika terluka sulit sembuh
Pengobatan Diabetes yang kami tawarkan adalah dengan Multiterapi :
BEKAM,REFLEKSI, AKUPRESUR, TERAPI LINTAH , DAN HERBAL
TENTANG BEKAM

Bekam atau hijamah adalah teknik terapi atau penyembuhan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Adapun ia -bekam- tidak hanya bermanfaat sebagai suatu usaha yang dilakukan untuk suatu penyembuhan, lebih dari itu, rutin melakukannya insyaAllah akan memberikan dampak positif dalam upaya pencegahan penyakit dalam rangka menjaga kesehatan.

Perkataan Al Hijamah berasal dari istilah bahasa arab : Hijama (حجامة) yang berarti pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan cupping, dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah Bekam. Di Indonesia dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk.
Bekam merupakan pengobatan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana dijelaskan dalam hadist Bukhari:
Dari Ibnu Abbas r.a. Rasulullah bersabda : "Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal: dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang ummatku dengan besi panas." (Hadist Bukhari)


JENIS BEKAM

Bekam
kering atau bekam angin (Hijamah Jaaffah), yaitu menghisap permukaan kulit dan memijat tempat sekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor. Manfaat bekam kering ini antara lain untuk melegakan sakit secara darurat atau digunakan untuk meringankan kenyerian urat-urat punggung karena sakit rheumatik, juga penyakit-penyakit penyebab kenyerian punggung. Bekam kering baik bagi orang yang tidak tahan suntikan jarum dan takut melihat darah. Kulit yang dibekam akan tampak merah kehitam-hitaman selama 3 hari.

Bekam basah (Hijamah Rothbah), yaitu pertama kita melakukan bekam kering, kemudian kita melukai permukaan kulit dengan jarum tajam (lancet), lalu di sekitarnya dihisap dengan alat cupping set dan hand pump untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Lamanya setiap hisapan 3 sampai 5 menit, dan maksimal 9 menit, lalu dibuang darah kotornya. Penghisapan tidak lebih dari 7 kali hisapan. Darah kotor berupa darah merah pekat dan berbuih. Dan selama 3 jam setelah di-bekam, kulit yang lebam itu tidak boleh disiram air. Jarak waktu pengulangan bekam pada tempat yang sama adalah 3 minggu saja
 PIJAT REFLEKSI
Pijat refleksi (pijat penyembuhan) bertujuan memberikan rangsangan pada saraf yang berhubungan dengan organ tubuh yang mengalami gangguan/sakit. Dengan memberikan rangsangan pada saraf, system saraf akan mengaktifkan sistem kekebalan yang ada.
Kekebalan ini bisa dengan pengaktifan kerja kelenjar penghasil hormon yang diperlukan. Dalam ilmu kesehatan tradisional timur dimengerti, bahwa tubuh kita dikuasai oleh dua organ yaitu otak dan jantung. Otak menguasai sistem saraf dan jantung menguasai sistem peredaran darah. Di dalam tubuh kita terdapat 12 jalur atau meridian saraf yang masing masing berhubungan dengan organ tubuh kita. Sedangkan jalur-jalur tersebut kesemuanya berujung atau melewati telapak tangan atau telapak kaki. Ujung-ujung tersebut biasa disebut dengan titik-titik saraf. Dengan demikian, pijat refleksi adalah usaha memberikan rangsangan pada titik saraf, agar saraf yang bersangkutan menjadi aktif. Ketidak seimbangan (sakit) yang terjadi di salah satu organ tubuh, akan mempunyai dampak pada daerah ujung syaraf baik di telapak tangan ataupun di telapak kaki. Sehingga di bagian telapak tersebut akan mengalami perubahan. Perubahan yang ada bisa berupa rasa sakit, kuku yang berubah warna (keunguan), kulit dibagian tertentu menebal dan kasar, kulit mengelupas, membengkak, mengecil/ mengempes, mengering, mudah berair, dan sebagainya.

AKUPRESUR
Di Indonesia, pengobatan alternatif sebagai pilihan untuk menyembuhkan penyakit saat ini tengah berkembang pesat. Satu di antara pengobatan altenatif yang berkembang itu adalah terapi akupresur, yaitu sebuah sistem metode yang menitik beratkan pada penekanan di titik – titik syaraf tubuh. Penekanan pada titik – titik syaraf tubuh itu adalah untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Setidaknya ada 160 macam penyakit baik berat atau ringan yang bisa disembuhkan dengan terapi akupresur. Metode terapi akupresur ini sama dengan cara yang digunakan akupuntur, bedanya akupresur tidak menggunakan jarum dalam proses pengobatannya.
Terapi akupresur ini tidak bisa bohong, karena tanpa pasien bilang pun akan terlihat penyakit yang dideritanya.
terapi akupresur asalnya dari China. Terapi akupresur berawal dari prajurit yang tertekan tombak pada titik tertentu di badannya. Setelah ditekan tombak, penyakit asma yang dideritanya malah sembuh. Ada juga prajurit yang terjatuh dan tangannya menekan batu, pusing – pusing yang dideritanya malah hilang.
Terapi akupresur menitik beratkan pada titik – titik syaraf di tubuh. Setiap tubuh manusia mempunyai titik-titik sebanyak 365 sesuai dengan hari dalam setahun. Tujuannya adalah untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit
Titik-titik akupresur terletak pada kedua telapak tangan dan telapak kaki. Di telapak – telapak itu terdapat titik akupresur untuk jantung, paru, ginjal, maya, hati, kelenjar tiroid, pankreas, sinus dan otak. “Penyakit lainnya yang bisa disembuhkan dengan terapi akupresur adalah stroke
 TERAPI LINTAH / LEECH THERAPY

Terapi lintah untuk diabetes dan penyakit kronis lainnya

Image via Wikipedia
Diabetes Mellitus sulit dikenali gejalanya sehingga banyak penderita yang baru berobat setelah mengalami komplikasi penyakit yang parah. Karena itu penanganannya perlu dilakukan pada upaya intervensi dini untuk mencegah progressivitas penyakit sebelum menjadi Diabetes Mellitus tipe dua.
Setiap tahun lebih dari tiga juta orang di seluruh dunia meninggal sebagai akibat dari komplikasi Diabetes Mellitus atau dengan kata lain terjadi satu kematian setiap tiga detik. Diet serta olahraga yang teratur dapat mengurani secara drastis kemungkinan seseorang dengan toleransi glukosa terganggu karena diabetes.
Orang-orang dengan pra-diabetes dapat berkembang menjadi Diabetes Mellitus tipe dua dalam waktu sepuluh tahun, kecuali mereka dapat mengurangi tujuh persen berat badan melalui modifikasi gaya hidup intensif.
Pra-diabetes merupakan kondisi dimana kadar gula darah lebih tinggi dari normal, tetapi tidak cukup tinggi untuk diagnosa sebagai diabetes. Ciri-cirinya ada gangguan kadar gula darah yang diukur dengan adanya toleransi gula darah terganggu (TGT) atau gula darah puasa terganggu (GDPT).
Therapy efektif bisa dilakukan dengan lintah, untuk mengobati Diabetes Mellitus (kering) lintah-lintah tersebut ditempelkan pada bagian yang ba’al, mati rasa, kesemutan, kaku, sakit disekitar kaki maupun tangan. Gangguan seperti sering buang air kecil pada malam hari, tidak bisa buang air besar setiap hari, perut kembung dan gangguan disfungsi ereksi bisa disembuhkan dengan Therapy Lintah & Herbal yang teratur.
Diabetes Mellitus (basah) radang, bengkak, luka yang tidak bisa sembuh, busuk, sudah mati rasa disekitar lubang luka, tanpa perlu diamputasi dengan therapy lintah dan ramuan herbal, Diabetes Mellitus (basah) bisa disembuhkan secara total.
Terapi alternatif dengan Lintah (Hirudo Medicinalis) telah digunakan sejak abad ke 18, namun sejak berkembangnya dunia medis kedokteran di abad 19, perlahan terapi lintah mulai dilupakan orang.
Terapi ini kembali digunakan pada awal 1990 dimana dalam sebuah riset medis dengan Terapi lintah berhasil membuktikan bahwa terapi ini dapat menyembuhkan Tumor tanpa kemoterapi dan pembedahan.
Riset yang dilakukan di Eropa juga membuktikan bahwa terapi lintah yang dilakukan dengan pengobatan medis (obat2an) atau Herbal dapat meningkatkan efektifitas obat.
Hingga saat ini tidak ditemukan adanya efek samping sebagai akibat terapi hirudo medicinalis.
 PENGGUNAAN HERBAL
Adapun mekanisme kerja formulasi herbal Diabetes yang kami berikan
1.       Suplementasi Mineral
Memberikan suplemen nutrisi dan mineral karena penderita diabetes sangat banyak memerlukan nutrient  untuk meningkatkan control gula darah dan mencegah timbulnya konflikasi, berasal dari herbal yang kaya akan nutrisi dan mineral.
Mengandung phytonutrients untuk kesehatan dan pembersihan, meliputi :
a.       Klorofil sebagai pembersih  alami dan membantu menghilangkan racun dari tubuh.
b.      Phycocyanin, polysacherides dan sulfolipids meningkatkan system kekebalan tubuh.
c.       Kromium, merupakan mineral esensial yang berfungsi meningkatkan kepekaan insulin dan penyerapan glukosa dalam sel
d.      Magnesium, berfungsi meningkatkan sekresi insulin dan mencegah konflikasi Retinopati bagi penderita diabetes.
e.      Vitamin B6, meningkatkan toleransi glukosa dan membantu memperbaiki kerusakan syaraf pada penderita diabetes.
f.        Vitamin B12, merupakan vitamin yang penting untuk kesehatan syaraf dan jaringan tubuh
g.       Kalium, berperan penting dalam metabolisme glukosa, meningkatkan respon insulin terhadap glukosa dan membantu mengurangi komplikasi pembuluh darah pada penderita diabetes.
2.       Suplementasi Antioksidan.

Suplemen antioksidan dibutuhkan oleh penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darah dan mencegah konflikasi. Berasal dari bahan herbal yang mengandung senyawa betakaroten,nimbin, dan azadireaction yang berfungsi mengurangi stress oksidatif terhadap jaringan , meningkatkan fungsi sel beta, meningkatan aliran darah ke jaringan dan mencegah komplikasi penyakit jantung,ginjal,dan kerusakan pembuluh darah akibat diabetes.

3.       Aktifitas Inhibitor Alfa Glukosidance

Adalah cara mrngendalikan kadar gula dengan menghambat aktifitas enzim alfa glukosidase, yaitu enzim dalam system pencernaan yang bertanggung jawab terhadap pengubahan karbohidrat menjadi glukosa. Karbohidrat yang kita makan sehari-hari  akan dicerna oleh enzim-enzim didalam mulut dan usus menjadi  gula yang lebih sederhana. Dalam proses ini , pancreas melepaskan enzim alfa emilase kedalam usus yang akan mencerna karbohidrat menjadi oloigasakarida yang kemudian akan diubah menjadi glukosa oleh enzim alfa glukosidase yang dikeluarkan oleh sel-sel usus kecil yang selanjutnya akan diserap kedalam tubuh. Dengan dihambatnya kerja enzim alfa glukosadase kadar gula darah dapat dikendalikan. Aktifitas inhibitor alfa glukosadase berasal dari bahan herbal yang mengandung senyawa aktif alkaloid triterpanoid morindin yang berfungsi memperlambat kecepatan dekomposisi karbohidrat dan memperlambat absorbs glukosa dalam usus.

4.       Aktifitas Merangsang Produksi Insulin

Menggunakan herbal yang mengandung senyawa triterpanoid saponin gymnesian A-D dan asam gymnemet yang memiliki mekanisme meningkatkan pelepesan insulin melalui permeobilitas set, meningkatkan jumlah sel beta dan menstimulasi sel beta.

5.       Aktifitas Memperbaiki Fungsi Insulin

Didapatkan dari herbal yang mengandung senyawa Leurisine dan vindoline yang memiliki mekanisme kerja memperbaiki kerja insulin dan meningkatkan penggunaan glukosa
6.       Meningkatkan Asupan Glukosa jaringan

Menggunakan bahan herbal yang mengandung aktif charantin. Vicine dan  polipectida-p ( protein mirip insulin )yang memiliki meknisme meningkatkan asupan glukosa jaringan ,sintesis gilkogen obat hati, oksidasi glikosa dan menunkan glukoneogenesis hati.

7.       Memperbaiki Fungsi Pankreas

Menggunakan bahan herbal yang mengandung senyawa aktif corliagin ,elagitanin, asam galat dan asam elegat yang memiliki kemampuan memperbaiki kerusakan organ seperti pancreas,hati, batang nadi (Aorta) dan jantung . kemampuan ini sangat membantu dalam memperbaiki gangguan organ akibat komplikasi diabetes.

1 komentar:

Add This

Share |